PLC Omron CJ1M Series: Koneksi Serial ke Komputer


Untuk bisa memprogram PLC, CPU unit dari PLC harus dihubungkan ke programming console atau PC (personal computer). PLC dapat dihubungkan ke komputer dengan menggunakan koneksi serial.

Pada PLC Omron CJ1M Series, programming ladder menggunakan software CX-Programmer yang diinstall di PC. Untuk menghubungkan CPU unit ke PC, dibutuhkan kabel “standard” RS-232. Namun hati-hati, kabel “standard” RS-232 ini ternyata tidak se-standard yang kita kira.

Ketidak-standard-nya kabel RS-232 yang dipakai ini karena port RS-232 pada CPU unit berbeda dengan RS-232 pada PC. Perbedaan ini dapat dilihat pada gambar berikut.

RS 232

Perbedaannya pertama adalah letak pin SG yang berbeda. Pin SG pada PC terletak pada pin 5, sedangkan pada CPU pin 9. Selain itu, ada pin-pin yang harus dihubungkan seperti: pin 4 dan pin 5 CPU unit, pin 4 dan 6 PC, dan pin 7 dan 8 PC. Kabel serial RS-232 yang biasa dipakai umumnya hanya menghubungkan pin-pin pada kedua port secara sejajar (pin 1 ke pin 1, pin 2 ke pin 2, dst). Maka, untuk menghubungkan CPU unit ke PC melalui RS-232, kabel serialnya harus dimodifikasi atau dirangkai sendiri berdasarkan petunjuk gambar di atas.

 Pin 2 CPU dihubungkan ke pin 2 PC, Pin3 CPU juga dihubungkan ke pin 3 PC, dan Pin 9 CPU dihubungkan ke pin 5 PC. Pin 1 CPU dihubungkan ke metal shield kabel untuk mengurangi noise (jika ada). Pin-pin yang tidak dihubungkan di dalam gambar tidak perlu dihubungkan karena tidak digunakan dalam komunikasi. Setelah selesai merangkai kabel serial, kabel ini siap dipakai untuk menghubungkan CPU unit PLC ke PC.

About Junot D. Ojong

Author is a control systems engineer at a private company in Jakarta.
This entry was posted in teknik and tagged , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

19 Responses to PLC Omron CJ1M Series: Koneksi Serial ke Komputer

  1. farchan says:

    mas, konfigurasi ini berlaku secara umum (utk semua plc omron) atau ada beberapa type yang berbeda konfigurasinya?

    kalo untuk plc type SC1G CPU42 apakah masih bisa menggunakan konf. kabel ini?

    terimakasih atas jawabannya.

    • Waduh, mas. Maaf saya kurang tahu untuk seri lainnya. Saya baru pernah menggunakan yang seri CJ1M ini. Coba dilihat di datasheetnya, mas, konfigurasi RS232 nya seperti apa.

  2. ibnu says:

    Mas,,numpang tanya ni…
    saya punya PC biasa,,dan PC khusus PLC…
    masalah saya,,,saya mw pake PC biasa ini untuk Trainer PLC,,biar Trainer saya jadi 2.
    gimana caranya ya mas saya bisa pake PC ini untuk PLC dan dapat digunakan seperti fungsi biasa,,,apakah tinggal copy software di PC satunya yang khusus Trainer PLC..atau menurut mas gimana?
    Terima Kasih Atas jawabanya.

  3. Maksudnya Trainer PLC itu untuk latihan pemograman PLC ya, mas?

    Tergantung softwarenya juga mungkin ya. Tapi setahu saya rata-rata bisa kok diinstall di PC biasa. Dulu saya install software PLC omron ini di PC biasa, pakai windows XP. Dicari dulu saja keterangan system requirement softwarenya. Untuk PC jaman sekarang sih harusnya pasti bisa, soalnya system requirement buat software2 ini ga tinggi2 amat kok.

    Sudah terjawab atau belom?

  4. KK, mau tanya, langkah-langkahnya buat komunikasi PLC ke PC bagaimana?
    PLC nya Omron CJ1M-CPU11
    Apa bisa CPU nya kirim data terus ke komputer?
    Kalo ada contoh programnya sekalian ya.
    Ini nyoba gak bisa bisa.
    Trims banyak.

    • komunikasinya pakai software apa ya?

      Kalau pakai CX programmer mah harusnya gampang saja, tinggal auto detect.

      Kalau mau ke SCADA, ya tergantung SCADA masing-masing. Ada yang sudah disediakan protokolnya, jadi tinggal pilih pakai PLC apa, ada yang harus kita buat sendiri cara kirim2nya.

      Kalau yang buat sendiri maaf saya belum mengerti caranya. Terakhir pakai SCADA sudah ada pilihannya untuk OMRON jadi tinggal pilih2 saja kemudian sisanya dikonfigurasi oleh SCADAnya sendiri.

  5. Kalau yang dulu pernah dipakai (CJ1M) konfigurasinya bagaimana?
    Di settingnya apa saja (hostlink, bps, dll)
    Pernah pakai program TXD nya?
    Itu bisa sending dari PLC langsung atau harus diberi perintah dari PC dulu?
    Trims.

    • Hmm… kalau ke PC lewat CX programmer, settingnya no protocol (RS232).

      Saya belum pernah pakai program TXD nya, tapi tadi lihat2 cara pakainya sepertinya tak perlu perintah dari PC.

      Kalau mau setup serial communicationnya sepertinya pakai block STUP

      Maaf tidak bisa membantu banyak, saya belum pernah pakai untuk TXD dan RXD nya.

  6. ary says:

    permisi mas,,,
    saya mau tanya neh..
    saya kan lg buat image processing di matlab neh mas,,,
    saya sedang bingung kalo caranya koneksi dari matlab ke CX-Programer utk kirim sinyal logic 1 ato 0 tuh gimana ya mas??
    saya masih kebingungan mas untuk koneksi dari matlab ke PLC…

    • Mas Ary, maaf saya baru bisa balas sekarang. Baru saja saya utak atik cx programmernya dengan matlab, saya juga mengalami kesulitan nih. Maaf tidak bisa bantu banyak. Koneksinya sih saya kira bisa pakai DDE, Matlab dan CX programmer support DDE, tetapi untuk cara persisnya saya belum menemukan.

      Kalau Mas Ary sudah menemukan boleh dishare di sini :D. Terima kasih, Mas.

  7. fadhoil says:

    kak, mau nanyak. keunggulan plc omron tipe cj1m dibandingkan dengan plc yang lain itu apa kak??
    buat tugas akhir kak, mohon bantuannya
    terimakasih

    • wah maaf sekali fadhoil, saya kurang bisa menjawab pertanyaannya. Banyak faktor yg bs menentukan apakah plc yg 1 lebih bagus daripada yg lain.

      plc omron cj1m saya rasa termasuk plc yg sudah lama. jadi mungkin banyak plc lain yg spesifikasinya lebih tinggi saat ini.

    • iL@m says:

      Kalau buat tugas akhir pakai cj1 series sudah lumayan bagus lah.., kalau plc omron yang high performance pakai yang cs series, tp harganya selangit karena ini dikhususkan untuk industri..

  8. dody says:

    mas minta tlong kalo di ubah ke usb kabel datanya bagaimana skemanya? soalnya sy mau buat sendiri klo bisa tanpa converter serial ke usb

  9. okkie says:

    assalamualaikum… mass maff ni.. sya mw tanya klo configurasi scada wonderware ke PLC Omron CJ1M CPU 22 itu gimana.. apa sja yg perlu di configurasi… soalnya udah sya coba2 terus tapi masih belum bisa konek Tag scada’nya ke PLC.. gimna caranya?? mohon bantuannya mas… makasih
    wassalamualaikum…

  10. totokwow says:

    Assalamualaikum,,,,
    maaf mas, sya mw nanya cara mengkoneksikan cpu ke modul PLC tp dengan converter USB to RS 232, bagaimana caranya?????mohon bantuannya,,,,,thx
    wassalamualikum……

Leave a Reply

