Apa itu Inverter? Katanya AC Pakai Beginian Jadi Hemat Listrik…


Jaman sekarang, kalau mau AC (Air Conditioner)  yang hemat listrik, katanya kita harus memilih AC yang berteknologi inverter. Namun, apakah itu inverter? Mari saya coba jelaskan untuk Anda.

Inverter adalah alat yang berkebalikan dengan adaptor. Adaptor, bagi yang belum tahu, berguna untuk mengubah arus AC (bolak-balik) menjadi arus DC (searah). Contoh sederhana adaptor adalah charger handphone, charger laptop, dll. Sebaliknya, inverter mengubah arus DC menjadi arus AC. Dalam bidang elektro, inverter merupakan aplikasi rangkaian osilator daya.

Lalu mengapa dibutuhkan inverter? Mungkin Anda akan berpikir, “Jika membutuhkan arus AC, ya pakai saja listrik dari jala-jala (PLN).” Di sinilah fitur utama inverter yang membedakannya dari arus AC jala-jala.  Arus AC yang dihasilkan oleh inverter dapat diatur nilai tegangan dan juga frekuensinya. Arus AC jala-jala hanya memiliki tegangan 220 V dan frekuensi 50 Hz. Dengan trafo, tegangannya dapat diubah tetapi frekuensinya tidak bisa.

Kegunaan fitur pengubahan frekuensi oleh inverter dapat kita lihat pada AC (Air Conditioner). AC menggunakan kompresor untuk mendinginkan ruangan. Pada AC tanpa inverter, kompresor ini hanya bisa dijalankan dengan kecepatan penuh, atau tidak dijalankan sama sekali. Jika suhu ruangan terlalu tinggi daripada suhu yang ditetapkan, kompresor dijalankan, jika terlalu rendah, kompresor dimatikan. Kecepatan putar kompresor diatur oleh frekuensi arus bolak-balik yang diberi sehingga arus listrik dari jala-jala hanya bisa memutar kompresor dalam satu kecepatan. Dengan pengaturan frekuensi oleh inverter, kecepatan kompresor bisa diatur sehingga tidak perlu dinyala-matikan, tetapi dijalankan terus dengan kecepatan tertentu (tidak harus kecepatan penuh).

Kompresor yang dijalankan secara konstan mengonsumsi energi lebih kecil daripada kompresor yang dinyala-matikan berulang-ulang kali. Hal ini karena pada saat mulai menyala, kompresor membutuhkan daya sesaat yang besar (bisa ditunjukkan dengan lampu rumah yang berkedip ketika anda menyalakan AC). Maka, AC yang menggunakan inverter bisa lebih hemat daripada AC tanpa inverter.

Selain untuk AC, inverter juga digunakan untuk aplikasi-aplikasi lainnya. Umumnya digunakan untuk menjalankan alat-alat yang terbuat dari motor elektrik AC (arus bolak-balik), misalkan pompa air. Di dunia industri, istilah inverter biasa mengacu pada alat pengendali motor AC. Sebenarnya alat ini terdiri dari penyearah (mengubah arus AC ke DC) dan inverter (DC ke AC), tetapi biasa satu kesatuannya disebut sebagai inverter.

About these ads

About Junot D. Ojong

Author is a control systems engineer at a private company in Jakarta.
This entry was posted in teknik and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

45 Responses to Apa itu Inverter? Katanya AC Pakai Beginian Jadi Hemat Listrik…

  1. sony says:

    bisa gk inverter buatan sndiri dipake tuk nyalain pompa air?????

    • Wah, tergantung ya inverter rakitannya itu seperti apa performanya. Kalau dayanya cukup buat menjalankan pompa sih seharusnya bisa, dengan asumsi rangkaiannya tidak memiliki cacat atau kekurangan ya.

  2. Insinyur Gaptek says:

    Dari pengalaman saya buat inverter digital 1 phase 220 v untuk pompa air, bagus bgt. Tapi butuh pemikiran ekstra, apalagi dengan program mikro manipulasi tegangan dan frekuensi. Kalo buat ilmu bagus mas, tapi kalo buat jangka panjang mendingan beli aja….hehe. salam kenal semuanya

  3. eby says:

    bagaimna gmbar rngkain inverter yg simpel..??
    untuk speaker..???

  4. goazilla says:

    menurut penelitian LG yg berkerja sama dengan universitas trnama di indonesia…

    inverter AC akan terlihat hemat jika bekerja lebih dari 8 jam…sebab inverter AC bekerja bertahap mencapai temperatur puncaknya 18C (power full)…setelah mencapai temp.puncak…bru kerja kompresor (frequensinya) turun menuju temp.kenyaman (24C)….
    jadi smua y tergantung aplikasi penggunaannya, yang menggunakan kerja AC lebih dari 8 jam ….begitu menurut saya

  5. Pingback: 2010 in review | Akirajunto's Blog

  6. inverter biasanya menggunakan sumber dari aki 12/24 volt nah apa pengaruhnya jika 12volt nya bersumber dari apator biasa 12 volt/ 1 ampere apakah inverter bisa bekerja optimal, beda ya output arus dari batarai/aki dengan arus output dari adaptor ( AC2DC ) 12 volt/ 1 amp. mohon pencerannya aku meu mencoba mengganti aki dengan adaptor untuk inverter 150watt

    • Hmmm… seharusnya aki 12VDC / 1 Amp dengan adaptor 12VDC / 1 Amp akan memberikan supply yang sama, karena tegangan dan kapasitas dayanya akan sama.

      Menurut saya sih tidak apa-apa selama kapasitas aki/adaptor mencukupi untuk supply inverter.
      Yang penting daya supply aki/adaptor lebih besar atau sama dengan daya yang dibutuhkan inverter.

      Inverter yang anda gunakan 150 Watt, berarti dengan tegangan 12VDC akan menyerap 1.25 Amp. Ini berarti supply aki/adaptor anda harus lebih besar daripada 1.25 Amp (aki/adaptor 1 Amp tentu tidak akan kuat).

      Itu pendapat saya, mohon dikomen kalau ada yang salah.

  7. ahmad says:

    saya mempunyai inverter 500watt, berapa amper minimum adaptor yg hrs di pakai untuk mengaktifkannya? kalau untuk menyalakan lampu rumah lebih hemat mana dengan langsung ke saluran PLN?

  8. soni says:

    ada yg bisa program plc untuk kontrol Inverter gak, sharing dong

  9. ade says:

    alat elekrtonik apa yg paling efektif buat inverter?
    tolong info nya///

  10. Adhye says:

    Kang sy mw bikin speker aktif bwt mobil, bingung ngmbil power’y dr aki? kira2 bhan2 ap aj yg d’butuhkn dng power speker or ampli 200wt..? Mohon pencerahan’y makasih sblm’y

    • Wah, maaf saya tidak bisa menjawab ini. Mungkin anda harus menambah kapasitas aki anda, atau mungkin kapasitor. Lebih baik langsung tanya ke bengkel modifikasi audio, mereka pasti lebih tahu apa saja yang diperlukan.

  11. agus sigid says:

    kalau ac 900 watt apakah kalau on tetep 900 watt kalau tdk berapa yaa?
    trimakasih
    sigid

  12. egy says:

    pak,
    bisa gak inverter untuk nyalain barang elektronik di rmh mis. TV dan lampu trus ngecharge ke battery inverternya nya juga? berapa lama kira2 bertahan sampe low battery?

  13. raka says:

    pak, bila saya menghidupkan AC 1/2 PK dengan daya 400watt dan menggunakan listrik rumah namun dengan adaptor 12V dan Inverter DC 12V to AC 220V dengan daya 1000watt apakah bisa menghemat daya pemakaian listrik rumah? trims atas jawabannya

    • Sepertinya tidak pak. Menurut saya, AC bapak akan jalan sebagaimana mestinya sebuah AC yang tanpa inverter jika memang AC tersebut tidak memiliki inverter di dalamnya. AC yang tidak memiliki inverter akan berjslan start stop berdadarkan thermostat. Dengan memasang inverter sebagai inputnya, AC tersebut tetap berjalan start stop karena thermostatnya tidak mengatur kerja si inverter.

  14. tresna says:

    pak,mau nanya niey..kalo saya punya ac standar 730 watt bisa dibikin jd inverter ga?..kalo bisa, apa hanya perlu power inverter aja?..belinya di mana ya?..nah power inverternya dipasang di dlm perangkat ac nya atau bagaimana?..klo udah jd inverter,ac saya bisa jd brp watt ya?..maaf banyak pertanyaannya ya pak..terima kasih atas jawaban dan perhatiannya.

    • Hal yang pertama, menurut saya inverter tidak akan menaikkan daya AC anda. Dan juga menghubungkan inverter dengan AC tanpa teknologi inverter tidak bisa membuat AC menjadi lebih efisien. Hal ini karena tidak ada kontrol dari AC tersebut ke inverter. Inverter dalam hal ini hanya memberi tegangan 220 volt seperti dari PLN karena tidak ada kontrol dari AC. Menurut saya, hanya AC yang memang sudah didesain dengan inverter di dalamnya yang bisa membuat AC itu menjadi lebih efisien, tidak bisa kita menambahkan sendiri inverternya.

      • Rusman says:

        Misalkan saya buat rangkaian, sebuah AC dihubungkan dengan inverter. Inverter diinput dengan adaptor. Adaptor ke jaringan PLN. Pertanyaan saya, apakah daya/watt yang dibutuhkan AC tetap sama saja dengan jika saya hubungkan langsung ke jaringan PLN? Terima kasih atas pencerahannya….

      • Sama saja, mas. Malah mungkin akan jadi lebih boros karena melewati beberapa alat/tahap dahulu.

  15. bukannya frekuensi pada ac inverter bisa otomatis ya tidak bertahan di frekuensi 50 hz?

  16. bpk ical says:

    klu ac inverter sering di on/off kan,apakah masih irit dlm penggunaan listrikny..?
    atau lebih baik di hidupkan truz meneruz..?

  17. bpk ical says:

    lebih baik mana bila menggunakan ac inverter,di nyalakan truz ac ny atau di on/off khn di pakai bila perlu saja…???

  18. satria says:

    mau tny, kira2 brp % hematnya antara pake inverter dan tidak. mohon diberi perkiraan %nya aja, meski kasar jg gapapa.. trimakasih sebelumnya…

  19. Info bagus gan..ada yang butuh inverter intelligent bisa hubungi saya.

  20. suwardyardy says:

    Okelah

  21. kusnadi says:

    maaf pak aku au tanya titik protec problem dari ac inverter bisanya apa aja ,,

  22. Syaiful says:

    Tanya mas, bs ga arus PLN kita rubah jd DC dgn adaptor lalu di rubah lagi ke AC dgn menggunakan inverter..?

  23. Syaiful says:

    Tanya mas bro, bs ga arus PLN kita rubah jd DC dgn adaptor lalu di rubah lagi ke AC dgn menggunakan inverter..?

  24. ali says:

    PWM yang menggunakan IC 555 sebagai otak rangkaian bagus banget

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s