IQ Megawati Paling Tinggi di antara Capres Lainnya. Lah terus kenapa?


Hari ini, Senin – 18 Mei 2008, muncul suatu berita di salah satu koran (kita sebut saja Koran Penunjuk Arah Mata Angin). Beritanya mengatakan “Tim Sukses: IQ Mega Paling Tinggi. Langsunglah muncul di pikiranku, “Lah, terus kenapa? Memangnya butuh IQ tinggi untuk memimpin negara?”

Menurutku, IQ itu bukan hal yang penting dalam berpolitik. Politik itu bukan hal yang pasti, yang ilmuwan bisa hitung dan prediksi. Kalau mau sukses berpolitik, EQ lah yang paling berperan. (Bagi yang belum tahu, IQ = Intelligence Quotient, EQ = Emotional Intelligence Quotient. Jangan tanya aku kenapa singkatannya jadi EQ, bukan EIQ)

Dalam bidang politik, harusnya EQ yang paling berperan karena kita perlu banya bersosialisasi dan mempengaruhi orang lain. Politik kan tidak seperti Science atau Engineering. Kemampuan logika kita tidak perlu terlalu tinggi untuk memahami persamaan2 matematik, yang penting bisa melihat dan mengerti situasi negara. Memang IQ juga dibutuhkan, tetapi tidak perlu sampai setinggi Einstein kan?

Jadi Tim Sukses Bu Mega ini aneh, IQ dipakai buat kampanye. Mentang-mentang hasilnya paling tinggi sesudah tes kejiwaan, langsung pamer deh. Nanti jangan-jangan bisa dibalas waktu tes kesehatan. Tim Sukses Capres X: Kolesterol Bu Mega Paling Tinggi. Nah loh, Bu, jangan makan jeroan tiap hari!

About Junot D. Ojong

Author is a control systems engineer at a private company in Jakarta.
This entry was posted in Sekedar Cerita and tagged , , , . Bookmark the permalink.

9 Responses to IQ Megawati Paling Tinggi di antara Capres Lainnya. Lah terus kenapa?

  1. Aris says:

    …stubuh nooottt!!!! (eh mksdnya stuju….), hum masi banyak yg lebih penting dr IQ.

    Gw baru ngbrl2 ma bokap gw, dia malah melihat latar belakang dari capres2 apakah capres tersebut memiliki bisnis atau latar belakang militer, ditakutkan akan kembali seperti jaman Pak Harto dimana keluarganya yang menjadi rakus….

  2. inez says:

    “Mentang-mentang hasilnya paling tinggi sesudah tes kejiwaan, langsung pamer deh. Nanti jangan-jangan bisa dibalas waktu tes kesehatan. Tim Sukses Capres X: Kolesterol Bu Mega Paling Tinggi. Nah loh, Bu, jangan makan jeroan tiap hari!” >> wakakakakak..

    cara orang kita menilai sesuatu terkadang emg masih terlalu dangkal, contohnya ya IQ ini. dari dulu kita terlalu terbiasa menilai sesuatu dari angka. kita dibiasain banding2in nilai sejak jaman TK ato SD, dan akhirnya nilai itulah yang selalu kita bangga2kan. ujung2nya, banyak org jadi nilai-oriented.

  3. NW Kusumo says:

    Kalo menurut saya ya wajar itu yang dikemukakan keunggulannya. Emangnya ada orang kampanye nyebut kekurangannya?

  4. Angga Pramudita says:

    Maksudnya, kalau ingin kampanye, keunggulan yg di-kampanye-kan harus berkaitan dengan kemampuan memimpin negara ke arah yang lebih baik.

    meng-kampanye-kan kelemahan memang tidak ada kaitannya dengan memimpin negara ke arah yg lebih baik, tapi, menurut saya, meng-kampanye-kan IQ juga belum tentu sesuai dengan topik”memimpin negara ke arah yg lbh baik”

    Selama si peng-kampanye dapat menjelaskan pentingnya IQ dalam memimpin negara, sah – sah saja

  5. nawir says:

    Yg paling terpenting adalah taqwa. Baru bisa sedikit aja sudah sombong.

  6. tyson says:

    IQ tinggi tapi kuliah di dua universitas dua2nya ga selese..

    • iya ya? gw gatau tuh. Emang kayakny kalo mo sukses harus drop out deh, kayak bill gates, org2 yahoo, am facebook.

      loe drop sekarang aj, son. mumpung masih sempet. hehehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s