Kreativitas adalah…


Seseorang dikatakan kreatif jika dia pandai atau sering mengutarakan ide-ide baru. Umumnya kemampuan berkreatif ini diasosiasikan sebagai bakat seseorang; ada yang terlahir kreatif dan ada yang tidak. Tapi menurutku tidak begitu. Semua orang bisa menjadi kreatif karena kreativitas itu bukan hal yang tiba-tiba muncul dari dalam diri sendiri, tetapi hasil penggabungan banyak informasi menjadi informasi baru (nah lho, bingung ga tuh?).

Begini ceritanya, jika kita melihat para seniman (baik itu sastrawan, musisi, pelukis, dan sebagainya), rasa suka mereka kepada dunia seninya itu sudah dimulai dari kecil. Sejak kecil, para sastrawan sudah suka membaca, para musisi sudah suka mendengarkan musik, dan para pelukis sudah suka melihat-lihat lukisan. Nah, saat itulah mereka merekam semua informasi mengenai dunia seninya. Informasi-informasi ini menjadi sebuah library atau vocabulary atau peluru bagi mereka untuk dikeluarkan kembali sebagai hasil kreativitas mereka. Semakin banyak contoh-contoh seni yang mereka lihat, semakin banyak pula bekal untuk berkreativitas.

Lalu ketika para seniman itu bekreasi, hasil kreativitas mereka itu merupakan hasil penggabungan dari karya-karya seni yang pernah mereka lihat. Sumber-sumber ide mereka itu digabungkan dengan proporsinya masing-masing. Kalau ditulis dalam notasi matematis (Ga perlu dibaca sih kalau kamu benci matematika :D), mungkin kreativitas bisa didefinisikan sebagai berikut:

Kreativitas

Berdasarkan persamaan itu, kreativitas itu adalah penggabungan atau penjumlahan dari informasi-informasi yang memiliki proporsi masing-masing. Hasil penjumlahan ini bagi setiap orang akan menghasilkan suatu hal yang unik (tidak ada yang sama dengan yang lain) karena masing-masing proporsi dan informasi yang dimiliki setiap orang itu berbeda. Maka, macam kreativitas yang dihasilkan akan selalu unik dan terdapat sejumlah macam  kreativitas yang tak berhingga.

Memang pada awalnya, informasi yang kita miliki masih sedikit sehingga hasil kreativitas kita masih terlihat seperti “mencontek” hasil karya orang lain. Tidak usah khawatir, lambat laun kita akan menggabungkan gaya berkreatif kita dengan informasi-informasi tambahan yang nanti membuat diri kita unik.

Jadi jangan pernah merasa diri kamu tidak kreatif, semua orang bisa menjadi kreatif. Kamu hanya perlu banyak melihat dan mempelajari hasil-hasil karya orang lain, lalu menggabungkannya sesuai keinginan kamu.

About Junot D. Ojong

Author is a control systems engineer at a private company in Jakarta.
This entry was posted in Sekedar Cerita and tagged , . Bookmark the permalink.

7 Responses to Kreativitas adalah…

  1. inez says:

    rasanya kenal rumus itu.. @_@

  2. diah says:

    bener2 kreatif…

  3. ahmisbah says:

    terimakasih ats ILMU nya…!!! ^_^. . .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s