Reinkarnasi


Tahu kan konsep reinkarnasi? Kita tidak lahir di bumi ini hanya sekali, tapi berulang-ulang kali. Kita akan dilahirkan kembali sesudah kita mati, entah itu sebagai manusia lagi atau sebagai binatang atau sebagai tumbuhan.

Dalam agama budha dan hindu, tujuan hidup kita adalah untuk melepas diri kita dari reinkarnasi karena reinkarnasi itu adalah sebuah penderitaan. Memang sih hidup itu penuh penderitaan, tetapi terdengar agak egois tidak sih jika kita meninggalkan teman-teman kita di bumi yang masih bereinkarnasi?

Misalkan reinkarnasi itu benar-benar ada. Seharusnya reinkarnasi itu dilihat sebagai evaluasi hidup kita saat ini, bukan untuk dijauhi. Jika hidup itu penderitaan, kita harus berbuat sesuatu agar penderitaan itu berkurang di kehidupan berikutnya. Contohnya, Thomas Alfa Edison menemukan lampu di masa hidupnya sehingga di kehidupan berikutnya mungkin ia dapat menikmati penerangan di malam hari (jika dilahirkan kembali sebagai manusia). Jadi dengan berbuat suatu hal yang baik, ia telah mengurangi penderitaan dalam reinkarnasi.

Cara-cara untuk mengurangi penderitaan reinkarnasi itu tidak harus selalu menemukan teknologi baru, bisa saja dengan mengurangi tingkat kejahatan di suatu tempat, atau membantu kampanye lingkungan hidup, dan lain-lain yang bisa membuat dunia ini jadi lebih baik. Jika semua orang mengikuti konsep ini, tentu dunia kita akan semakin nyaman untuk ditinggali dan reinkarnasi bukan lagi menjadi suatu penderitaan (Memang sih ini suatu mimpi utopia, tetapi tidak salahnya kita mencoba kan?)

About Junot D. Ojong

Author is a control systems engineer at a private company in Jakarta.
This entry was posted in Sekedar Cerita and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s