Kasus Prita vs RS Omni: A Very very Bad Decision Making


Sekarang kasus ini sudah berbalik arah. Yang tertindas telah bangkit, yang menindas siap-siap menahan serangan. Ibu Prita dengan bantuan-bantuan orang-orang “penting” negara ini (JK, Megawati, OC Kaligis) siap melawan balik RS Omni.

Kejadian ini sebenarnya akibat dari perbuatan RS Omni. Aku tidak mengatakan bahwa Omni melakukan penipuan ketika merawat Ibu Prita, tetapi tindakan yang mereka putuskan dalam menanggapi email si ibu itulah yang benar-benar fatal.

Mengapa RS Omni tidak menanggapi email tersebut dengan kepala dingin (Sebenarnya tidak bisa dibilang menanggapi sih. Lebih tepatnya mengintip email si ibu karena si ibu hanya share ke milisnya)? Mereka langsung saja menuntut Ibu Prita dan menjebloskan ke penjara dengan instant. Sekarang jadilah mereka yang kena getahnya, dilawan oleh dua orang calon presiden dan satu pengacara beken. Masyarakat juga pasti tidak mendukung pihak RS karena kasus-kasus seperti ini memang sudah menjadi rahasia umum.

Harusnya pihak RS Omni bisa mendatangi Ibu Prita baik-baik dan menyelesaikan masalah secara damai, tidak perlu sampai menuntut ke pengadilan. Kalau diselesaikan secara damai seperti itu kan, citra RS Omni tidak akan menjadi seburuk ini. Kalau sudah begini, mau apalagi. Aib yang tadinya ingin disembunyikan, malah jadi tersebar luas. Inilah jadinya kalau suatu keputusan dilakukan tidak dengan kepala dingin, semuanya bisa jadi berantakan.

About Junot D. Ojong

Author is a control systems engineer at a private company in Jakarta.
This entry was posted in Sekedar Cerita and tagged , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s