Film Merah Putih Sia-sia Pakai Tenaga Internasional


Setelah menonton film Merah Putih yang baru-baru ini tampil di bioskop tanah air, saya merasa kecewa plus maklum terhadap kualitas film ini. Banyak sekali kelemahan pada film ini, dari teknik penggunaan senjata hingga tata bahasa. Awalnya saya merasa maklum karena perfilman indonesia belum begitu berpengalaman dalam membuat film laga atau perang. Tetapi, begitu tahu bahwa film ini dibantu oleh pihak-pihak internasional, saya merasa sangat kecewa, apalagi pihak2 internasional itu adalah yang dahulu membuat film box office seperti The Matrix dan The Dark Knight.

Pertama dari persenjataan. Dalam film ini tentara Indonesia ditunjukkan menggunakan senjata laras panjang yang kalau saya tidak salah mengenali adalah berjenis M1 Garand. Senjata ini bukan termasuk senjata semi-otomatis seperti ditayangkan di film. Ketika berperang, terlihat bahwa para tentara menembakkan peluru berkali-kali tanpa mengokang senjatanya terlebih dahulu. Padahal senjata ini harus selalu dikokang sebelum menembakkan tiap butir peluru. Kemudian, pada adegan peperangan di jembatan, terlihat bahwa tentara indonesia menggunakan senapan mesin kaliber 50 dengan rantai amunisi yang hanya sepanjang kira2 40 cm. Senjata ini kemudian dipakai terus menerus tanpa menghabiskan amunisinya, ajaib! Katanya teknik persenjataan dibantu oleh pihak internasional yang menangani persenjataan The Matrix. Kerjamu ”Bagus”, Mister!

Memang mengenai persenjataan, tampaknya saya terlalu kritis karena sepertinya tidak banyak orang yang menyadari kekeliruan2 itu. Tetapi coba lihat bagian ketika hujan turun di hutan tempat peperangan. Air hujannya benar2 terlihat seperti garis2 putih di depan layar, sangat tidak nyata. Sungguh mengecewakan padahal efek hujan dapat dibuat dengan menggunakan air asli, tetapi film ini lebih memilih hujan palsu yang benar2 terlihat palsu. Akhirnya timbul pertanyaan di benakku, ”Benarkah special effects ditangani oleh tim dari The Dark Knight? Sekali lagi, ‘Good Work’, guys!”

Yang terakhir, dialog para pemeran terdengar seperti dialog film amerika yang diterjemahkan ke bahasa Indonesia. Dialog pada film terasa janggal dan ketika kita coba menerjemahkan dialog itu ke bahasa inggris, ternyata jadi terasa bagus dan normal. Tetapi yang ini perlu dimaklumi karena penulis skenario sepertinya bukan orang Indonesia. Kedua penulis bernama belakang Allyn (adakah orang indonesia bernama belakang Allyn? sepertinya tidak)

Satu-satunya kelebihan film ini adalah momennya. Pemutarannya benar2 tepat sekali pada waktu masa perayaan hari kemerdekaan. Momen ini sepertinya membutakan banyak penonton dan kritikus karena sampai saat ini saya belum pernah melihat kritik jelek mengenai film ini.

About Junot D. Ojong

Author is a control systems engineer at a private company in Jakarta.
This entry was posted in Sekedar Cerita and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

4 Responses to Film Merah Putih Sia-sia Pakai Tenaga Internasional

  1. vanilla says:

    Actually all the rains are real from God. The film crew were shooting in rainy seasons. If it looks fake, maybe because of the lightings🙂

  2. ade says:

    nonton menculik miyabi aj to..pake tenaga internasional jg tuh..:D

  3. dc1987 says:

    1. m1 garand is indeed a semi automatic weapon, kalo yang mesti di cock setiap kali abis nembak itu kayanya kar198k milik germany atw arisaka rifle milik jepang..m1 garand baru di cock apabila 8 pelurunya udah keluar semua..

    2.Tim dari ‘dark knight’ ga ngurusin special effects, tapi mereka lebih mengurus make up. dan sepertinya ‘mereka’ pun bukan sebuah tim melainkan satu orang saja yg pernah mengurus tata rias heath ledger sebagai joker di the dark knight.

    3. i hope u did ur research more carefully..but i do agree that this movie is really unsatisfying! rob allyn, jangan coba2 masarin ini ke luar negeri! bikin malu yang ada! konsentrasi aja ke 2 film sekuelnya, semoga jauuuuhhh lebih bagus dari ini.

  4. nadezja says:

    Pertama saya bangga dengan adanya film merah putih..tetapi setelah menonton…WOW????!!!!!ternyata semua yang ada di dalam film tersebut SALAH BESAR dan A HISTORIS!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s