kbps vs kBps


Baru-baru ini saya membeli paket internet 3.5 G prepaid yang memakai modem HDSPA. Setelah membeli dan mencoba selama semalam, saya menyadari kebodohan saya: “Speed up to 256 kbps”. Huruf ‘b’ dalam satuan kbps yang ditawarkan oleh provider internetnya adalah HURUF KECIL!!! Ini merupakan suatu musibah kesalahan bodoh bagi mahasiswa yang jurusannya lumayan suka bermain-main dengan teknologi elektronik dan internet.

Anda tahu bedanya ‘kbps’ dan ‘kBps’? Kalau pakai huruf kecil artinya ‘bits’, dan kalau huruf besar berarti ‘bytes’. Dalam ilmu komputer, 1 byte sama dengan 8 bits. Kecepatan download yang biasa tertulis pada internet explorer atau browser-browser lainnya adalah dalam satuan kBps (kilo bytes per second).

Anda yang suka download pasti tahu kan angka-angka minimum untuk mendownload dengan nyaman? Bagi saya untuk mendownload dengan cukup nyaman, minimal kecepatan download harus 10 kBps. Pengguna lain mungkin memiliki standard yang lebih tinggi, tetapi bagi saya 10 kBps itu sudah cukup karena sudah cukup cepat untuk mendownload file-file attachment di e-mail atau lagu.

Dahulu saya pernah menggunakan internet provider yang lain, dan kecepatannya cukup memuaskan. Pada pagi hari bisa mencapai 60 kBps. Kecepatan download 30 kBps itu sudah cukup untuk streaming video di youtube tanpa menunggu buffering. Jadi ya Anda bisa kira-kira lah kecepatan internet yang cukup nyaman itu seberapa.

Lalu, apakah 10 kBps ini dapat diberikan oleh internet provider yang ‘Up to 256 kbps’? Mari kita coba konversi kbps ini ke kBps:

1 byte = 8 bits. Berarti 256 kbps = 256/8 kBps = 32 kBps.

Berarti provider hanya memberikan kecepatan ‘up to 32 kBps’. Bayangkan kecepatan maksimum 32 kBps, kecepatan rata-ratanya berapa ya? Sejauh ini sih internet yang saya gunakan tidak pernah tembus kecepatan download 7 kBps.  Yang pasti tidak akan pernah mencapai kecepatan 32 kBps, streaming video, bahkan download attachments aja sulit.

Selama ini, internet yang baru saya pasang ini hanya memberikan kecepatan download rata-rata 3 kBps, benar-benar lambat, ini pun saya gunakan pagi hari ketika belum mulai jam kerja. Benar-benar merasa tertipu nih.

Jadi, bagi Anda-anda yang ingin memasang layanan internet, perhatikan baik-baik huruf  ‘b’ yang tertera pada satuan kecepatannya. Kalau huruf kecil berarti kilo bits per second, kalau huruf besar kilo bytes per second.

About Junot D. Ojong

Author is a control systems engineer at a private company in Jakarta.
This entry was posted in tips and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to kbps vs kBps

  1. inez says:

    =)) tabah yah..
    rasanya kmaren ini si provider 3.5G itu ada yg maksimumnya 384 kbps deh. mendingan dikit, jd 48 kBps maksimum.

  2. Pingback: Sierra Wireless Compass 885 USB Modem « Akirajunto’s Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s