PLC Omron CJ1M Series: Analog Output


Kebalikan dari modul analog input, modul analog output digunakan untuk mengeluarkan sinyal analog dari PLC. Sinyal analog yang dapat dikeluarkan umumnya berada dalam rentang sinyal-sinyal standard industri seperti 4 – 20 mA. Sama seperti pada modul analog input, modul analog output juga harus diatur Unit No. nya terlebih dahulu untuk menentukan pengalamatan memorinya. Selain itu, resolusi dan jenis outputnya juga bisa ditentukan (tegangan atau arus).

Cara mengeluarkan output analog mirip dengan cara membaca input analog, yakni dengan cara memindahkan atau memasukkan data ke dalam memori CIO, tetapi dengan sedikit perbedaan. Dalam mengeluarkan output analog, setelah memindahkan data ke memori CIO, Conversion Enable Bit harus diset agar output dikonversi ke analog dan dikeluarkan. Berikut ini adalah contoh pengeluaran output analog:

Misalkan ingin mengeluarkan output analog bernilai #03A8 (nilai arus atau tegangan yang dikeluarkan tergantung dari grafik konversi pada datasheet) dari output pin 6 untuk modul analog output dengan Unit No. 7. Unit No. 7 membuat pengalamatan modul ini terletak pada CIO 2070 – CIO 2079 dan alamat pin 6 berada pada CIO 2076 (cara menentukan alamat bisa dilihat pada post Analog Input). Maka diagram ladder untuk mengeluarkan output ini adalah seperti berikut:

analog output

Setelah perintah MOV, digunakan perintah SET untuk me-set Conversion Enable Bit. Letak bit ini berada pada alamat CIO 2000 + (10 x n) untuk Unit No. #n.

enable conversion bit

Pada contoh ini, alamat Conversion Enable Bit ada pada CIO 2070 karena Unit No. bernilai 7. Bit yang di-set adalah bit ke-6 sehingga alamat yang di-set adalah CIO 2070.05. Dengan cara yang sama, pengeluaran output analog juga dapat dilakukan pada pin-pin lainnya.

About Junot D. Ojong

Author is a control systems engineer at a private company in Jakarta.
This entry was posted in teknik and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

6 Responses to PLC Omron CJ1M Series: Analog Output

  1. Aan says:

    good,good, kalau bisa tulis aplikasinya untuk analog I/O nya plus ladder

  2. Aan says:

    makasih mas semoga dengan artikelnya, teknik kontrol di Indonesia maju pesat.

  3. Pingback: PLC Omron CJ1M: Mengendalikan Inverter « Akirajunto’s Blog

  4. Pingback: PLC Omron CJ1M: Mengendalikan Inverter « alaysetiadi

  5. Astur says:

    Asalamualaikum mas, selamat malam, mau nanya, mohon bantuannya saya masih agak bingung dengan analog input dan output mengendalikan inverter dengan MOTOR AC, minta tolong buatkan ladder diagramnnya mas mengontrol atau mengaendalikan inverter mas. dengan pengerak MOTOR AC, dengan PLC omron type CP1L,dan penjelsannya mas. mohon kiranya bisa membantu saya, terimakasih sebelumnnya, mohon bantuannya mas. mohon konfirmasinnya mas. ini email saya alief_mechatronics@yahoo.com.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s