Demokrasi Indonesiaku Tercinta (Bagian 1)


Seusai menuliskan segala keinginan mereka, Joko, Acong, dan Sitorus pun melepas kawan mereka Sujono memasuki Gedung Kura-kura. Sujono berjalan dengan mantab ,membawa sehelai kertas berisi segala keinginan teman-temannya untuk dibuatkan kebijakan bersama. Setelah melihat kawannya masuk ke dalam gedung, Joko, Acong, dan Sitorus kembali pulang melakukan kegiatannya masing-masing.

Selang beberapa minggu, kabar Sujono tak kunjung terdengar. Joko, Acong, dan Sitorus tenggelam dalam kesibukannya masing-masing. Joko bekerja di perusahaan swasta dari pk 8.00 hingga pk 17.00. Acong sibuk melayani pelanggan tokonya setiap hari, bahkan akhir minggu. Sitorus adalah seorang guru dan juga memberi les seusai pulang sekolah di sore hari.

Di suatu pagi, ada pengumuman dari Gedung Kura-kura: “Harga makanan dinaikkan 10%”. Joko, Acong, dan Sitorus pun terkejut. Gaji Joko dan Sitorus tidak naik 10%, dan pelanggan Acong tidak bertambah 10%. Mereka terpaksa lebih berhemat untuk bisa makan.

Setiap hari, Joko pergi ke kantor dengan mobil. Ternyata Joko terkadang melihat Sujono melewati dia di jalan yang sama. Sujono berada di dalam mobil hitam mengkilap, berjalan di belakang motor patroli dengan sirinenya nan bising. Mereka selalu terlihat terburu-buru. Joko pun harus menyingkirkan mobilnya untuk mereka lewat.

Acong pun sering melihat Sujono, di televisi. Acong memasang TV di tokonya biar ia bisa menonton ketika tak ada pelanggan. Diberitakan Sujono pergi ke luar negeri, studi banding, atau Sujono menghadiri acara peresmian.

Lain halnya Sitorus, ia tidak pernah melihat sosok Sujono semenjak kawannya itu masuk ke dalam Gedung Kura-kura. Namun, Sitorus setiap hari melewati gedung itu ketika pergi ke sekolah. Suatu kali ia melihat ada banyak mobil hitam mengkilap yang masih baru-baru. Mobil-mobil itu sedang dibawa masuk ke lahan parkir Gedung Kura-kura

About Junot D. Ojong

Author is a control systems engineer at a private company in Jakarta.
This entry was posted in Sekedar Cerita and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s