Tipe Pengguna Handphone


“You are what you have in your pocket and checked for every 5 minutes”

Pagi ini sambil duduk di ruang tunggu, gw jadi terpikir ternyata pengguna handphone itu bisa kita kelompokkan ke beberapa tipe-tipe. (Terinspirasi dari tulisan-tulisan tentang tipe-tipe orang di FB atau forum, dan why not do this with cellphones then?) Langsung saja kita ke list-nya. 

Pengguna BBB (BlackBerryBahagia)

Mereka ini adalah orang-orang yang bahagia sekali menggunakan BB. Bagi mereka, “BB is the best thing that could ever happen to them”. Facebook, twitter, email, dan BBM berada di dalam genggaman mereka. Mereka tidak peduli dengan bug/error yang sering terjadi, baterai harus charge tiap hari, dan reset handphone dengan mencabut baterai (“praktis” sekali ya). Yang terpikirkan oleh mereka hanyalah satu: Text Messaging for FREE! Di Indonesia bisa dibilang kalau kita punya BB, otomatis kita SMS gratis, karena pengguna BB amat sangat banyak sekali di sini. Such happy innocent people…

Pengguna, ehm… atau haruskah gw bilang “Pemuja” Apple

Sama seperti para BBB-ers, tipe orang yang satu ini sangat mengagungkan gadget Apple-nya. Bagi mereka, tidak ada gadget lain yang bisa mengalahkan Apple. Desain body yang bagus, tampilan OS yang cantik, animasi yang smooth, touch screen yang nyaman, dan game-game yang unik. Dan gw akui semua itu benar. Yang membuat gw heran adalah, di antara pengguna apple ini, ada sekelompok yang sepertinya ber-“agama” apple. Dari handphone, laptop, tablet, mp3 player, semua lambangnya apel somplak. Mereka benar-benar konsisten dengan merk ini. Menurut gw jika nanti Apple mengeluarkan produk mesin cuci, mereka akan membelinya (Well, who knows? They would probably call it iWash).

BB di tangan kananku, Iphone di tangan kiriku…

Iphone untuk main-main dan menikmati canggihnya produk apple, BB untuk tetap “gaul”. Gw ga bisa berkomentar lagi tentang kelompok yang satu ini. Tiga kata saja: mereka banyak uang.

BBB (Budak BlackBerry)

Mereka ini adalah pengguna BB yang membenci BB-nya. Bug/error, baterai boros, dan fitur minimalis membuat mereka ingin memakai merk lain. Tetapi mereka ga bisa ganti BB-nya karena satu hal: BBM. Semua orang di sekeliling mereka BBM-an. Keluarga mereka memakai BB, teman satu geng pakai BB, teman kerja pakai BB, bertemu klien yang diminta pin BB, dan cinta matinya pun pakai BB. Jadi mereka sebenarnya ga suka pakai BB tapi apa boleh buat, setiap hari berdoa saja supaya BB bangkrut dan mereka tak lagi diperbudak BB.

Pengguna Android

Mereka bagaikan pengguna linux di dunia handphone. Operating system handphone yang open source ini (atau setidaknya dahulu begitu) memberikan kita perasaan “ngeri” terhadap penggunanya, “wow, mereka pasti orang IT, mereka pasti engineer, mereka pasti pintar bisa memakai android.” Memang gosip-gosipnya menggunakan android tidak semudah OS handphone lainnya, butuh perjuangan lebih untuk terbiasa. Walaupun begitu, android semakin populer dan mudah digunakan (Sepertinya kita ga perlu lagi ijazah teknik untuk menggunakan android, hehehe).

Pengguna SMS & Telepon tok’

Orang-orang ini adalah pengguna handphone sejati. Memang pada dasarnya handphone itu didesain hanya untuk telepon dan SMS. Handphone-handphone yang kita punya sekarang ini sudah termasuk smartphone, bukan handphone. Mereka ini menggunakan gadgetnya hanya untuk telepon dan SMS, walapun sebenarnya apa yang mereka pegang itu capable of doing greater things. Tetapi apa boleh buat, belajar ber-SMS saja butuh training 3 bulan, apalagi disuruh menyalakan GPS. Yang penting mereka bisa pakai telepon, dan kita hanya bisa gigit jari jika melihat handpone mereka lebih canggih daripada punya kita.

About Junot D. Ojong

Author is a control systems engineer at a private company in Jakarta.
This entry was posted in Sekedar Cerita and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

4 Responses to Tipe Pengguna Handphone

  1. inezrabz says:

    gw ijin share ya not😀

    loe pasti masuk kategori BBB [Budak BlackBerry] deh. keluhannya paling panjang di situ soalnya. wkwkwk..
    btw gw pake iphone tp ga mengagung2kan juga tuh. malah mule banyak keluhannya juga. hehehe.. ntah deh mo pake henpon apa. kita liat saja nanti.😛

  2. hmmm says:

    bagaimana dengan pengguna symbian, webos, wp7, bada, atau bahkan meego?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s