Mom and Dad, this is what I do


Orang tua sekarang banyak bertanya-tanya apa yang dilakukan anak-anaknya di kantor. Bukan karena mereka tidak pernah bertanya kepada anaknya, tetapi memang agak susah untuk dijelaskan, apalagi kalau tidak sebidang dengan background mereka. Contohnya aku, seorang control system engineer, orang tuaku tidak mengerti apa yang kukerjakan. Jadi begini lho, Ma, Pa.

Kerjaku itu membuat control system atau automation. Control system/automation itu arti simplenya adalah sistem untuk mengendalikan pabrik secara otomatis.

Benda-benda yang biasa dikendalikan secara otomatis di pabrik adalah valve dan pompa (pada gambar di atas valve ditandai lingkaran hijau dan pompa ditandai lingkaran biru). Dengan dikendalikan otomatis, artinya pekerja operator pabrik tidak usah mendatangi valve dan pompa untuk menyala-matikan, cukup mengklik-klik dari komputer di control room saja.

Homer’s Control Room

Jadi, kerjaku itu adalah membuat sistem yang menghubungkan valve-valve, pompa, dan benda-benda lainnya ke komputer di control room sehingga bisa dikendalikan dari sana.

Ingredients of a Control System

Untuk membuat sebuah control system di pabrik, kita biasanya akan membutuhkan benda benda ini:

Control System

Segala valve, pompa, motor elektrik, dan benda-benda pabrik lainnya dihubungkan ke controller. Controller ini adalah otak dari control system/automation. Kemudian komputer atau HMI (Human Machine Interface) dihubungkan ke controller supaya kita bisa melihat atau memonitor kondisi valve-valve, pompa, dll di pabrik.

Controller

Allen-Bradley Controller

Controller yang kita gunakan di pabrik biasanya disebut juga PLC (Programmable Logic Controller).  Di proyek yang sedang aku kerjakan sekarang menggunakan controller Allen-Bradley (Rockwell Automation).

Semua valve, pompa, motor elektrik, dll dapat dihubungkan dengan kabel listrik ke controller ini. Jadi, benda-benda tersebut bisa dikendalikan oleh si controller.

Sesuai namanya, Programmable Logic Controller, controller itu bisa diprogram. Maksudnya diprogram adalah kita atur bagaimana valve, pompa, motor elektrik bekerja. Kita bisa mengatur kapan valve boleh membuka, kapan pompa boleh berjalan, atau kapan motor elektrik harus dimatikan.

Setiap pabrik mempunyai kebutuhan masing-masing tentang pengaturan valve, pompa, dll, dan tugasku (sebagai control system engineer) itu adalah memprogram controller ini supaya bekerja sesuai dengan kebutuhan itu.

Setelah selesai diprogram, controller ini akan dipasang di dalam cabinet atau panel di pabrik:

Computer/HMI

Benda yang terakhir adalah komputer atau HMI (Human Machine Interface). Human Machine Interface berarti benda yang menghubungkan mesin dengan manusia (monitor, keyboard, mouse,  touchscreen). Jadi dengan HMI, operator pabrik bisa melihat apa yang terjadi di pabrik dan apa yang sedang dikendalikan oleh controller.

Tampilan di monitor komputer/HMI

Di monitor itu, segala benda-benda yang dikendalikan oleh si controller akan dianimasikan di gambar. Misalkan, pompa yang sedang berjalan akan berwarna hijau, kalau sedang mati berwarna merah.

Tampilan ini dibuat dengan software-software khusus HMI seperti Wonderware Intouch (buatan Invensys), Citect (buatan Schneider), atau WinCC (buatan Siemens).

Barang yang digunakan untuk HMI ini biasanya adalah komputer, tetapi bisa juga menggunakan monitor touchscreen. Jadi, operator pabrik tidak perlu pakai keyboard dan mouse, cukup touchscreen saja:

HMI Touchscreen

That’s a wrap!

Jadi begitu deh, hal-hal yang aku kerjakan sampai malam kemarin ini di kantor. Mudah-mudahan sekarang jadi mengerti.

About Junot D. Ojong

Author is a control systems engineer at a private company in Jakarta.
This entry was posted in Sekedar Cerita and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s