My Galaxy W (Wonder) Battery Consumption


Pengumuman, aku baru saja memperoleh HP baru, dari pengguna BB sekarang aku menjadi Android user, hehehe. Bukan maksud untuk ngasih pengumuman begini sih, tapi sebenarnya ingin sharing tentang baterai salah satu smartphone ternama saat ini.

HP yang kugunakan sekarang adalah Samsung Galaxy W (Wonder) i8150. Di website samsung, tertulis spesifikasi baterai seperti ini:

Lumayan kan spesifikasi baterainya? Tetapi entah bagaimana Samsung menghitung kapasitas baterai seperti itu, kenyataannya HP ku tidak bertahan selama itu. Memang ada banyak faktor yang bisa mempengaruhi kemampuan baterai (operating system, aplikasi, settings HP, penggunaan, jaringan telepon, bahkan suhu ruangan). Jadi kita tidak bisa bilang bahwa Samsung menuliskan data yang salah.

Bagi yang ingin menggunakan HP Samsung Galaxy W, mungkin sangat bertanya-tanya seberapa lama baterainya bisa bertahan dengan penggunaan normal.  Mungkin satu screenshot baterai HP ku ini bisa memberikan gambaran yang cukup:

Dengar-dengar settings HP dan operating system sangat mempengaruhi kinerja baterai smartphone. Sebagai info, HP ku ini belum di-root, masih murni OS asli, dengan aplikasi bawaan Samsung juga. Ada beberapa aplikasi yang ku-install juga, tetapi tidak menyangkut management baterai. Aplikasi-aplikasi yang terinstall di HP ku ini selain aplikasi bawaan ada sekitar 30 aplikasi (games, social network, chat, dan news app).

Settings yang kugunakan adalah:

  • Wifi, Bluetooth, GPS OFF
  • Wallpaper statik warna biru
  • Auto Rotation ON
  • Window Animation OFF
  • Screen time-out 15 seconds
  • Touch key light duration 1.5 seconds
  • Power saving mode OFF
  • Background data sync OFF
  • Auto sync OFF
  • Motion activation OFF
  • Proximity sensor OFF
  • Sinyal Autodetect 2G/3G

Widget yang kugunakan juga tidak banyak, hanya 1 clock. Sisanya hanya shortcut ke aplikasi.

Bisa dilihat dari screenshot baterainya, Samsung Galaxy W bisa bertahan selama 1 hari, 6 jam, dan 34 menit dengan sisa baterai kira-kira 15% lagi. Ini screenshot ketika hari kerja, jadi aku seharian di kantor jarang memainkan HP. HP ini hanya digunakan untuk chat via whatsapp dan sms sesekali (paling setiap 15 – 30 menit). Baru ketika jam istirahat (lunch time dan after office), HP-nya lumayan aktif digunakan (lihat-lihat apps, baca berita, browsing).

Ketika tidur, aku coba mematikan semua sinyal (dibuat airplane mode) untuk melihat seberapa hemat baterainya ketika HP “benar-benar” hanya standby. Ternyata terlihat jelas perbedaannya dibandingkan ketika bukan airplane mode. Dalam waktu 7.5 jam, baterainya hanya berkurang sekitar 3.6%. Ketika jam kerja, baterainya terpakai 12.8% dalam 5 jam 15 menit.

Yang mengejutkan di sini adalah, coba kita hitung seberapa lama HP ini bisa standby di airplane mode dengan sample 7.5 jam tadi. Kalau 3.6% habis dalam 7.5 jam, berarti 100% akan habis dalam 100/3.6 * 7.5 jam = 208.33 jam. Voila! Ternyata HP ini hanya bisa bertahan selama 208,33 jam dengan airplane mode. Berarti kalau tidak dalam airplane mode pasti akan lebih singkat donk ya (bahkan tidak bisa mencapai 420 jam seperti di website Samsung).

Semoga info ini membantu kalian yang bertanya-tanya tentang baterai Samsung Galaxy W ini. Kalau penggunaannya normal (chat, sms, dan telepon sekali-kali), menurutku bisa bertahan hingga 30 jam. Not so bad lah ya! ^^

Note to Samsung: saya tidak bermaksud menjelek-jelekan produk kalian, atau merusak nama baik kalian. Hanya sharing mengenai salah satu produk Samsung. Saya yakin ada alasan yang jelas dan valid dibalik data baterai yang tertulis di website Samsung dan data saya ini tidak bisa digunakan untuk menyangkal data kalian. So, please do not sue me. I think you guys still make good smartphones.  

About Junot D. Ojong

Author is a control systems engineer at a private company in Jakarta.
This entry was posted in Sekedar Cerita and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

8 Responses to My Galaxy W (Wonder) Battery Consumption

  1. inezrabz says:

    Wah hemat ya baterenya.. tapi sayang tuh cuma 1500 mAh. kl lbh gede bs lbh lama kan

  2. azka says:

    sy juga ngerasa hal yg sama guys..
    sy punya galaxy chat. pas liat spesifikasi di brochure nya sie keanya tahan lama.
    tapi pas di pk ternyata cuma tahan skitar 13 jam.

  3. caturpapan says:

    pertanyaannya adalah? kenapa tdk bl nokia n70 aja kalau hpnya cm dipakai utk itu aja? plng hrgnya cm 300 rbuan skrng. kan syng bl smaerphobe sklas glxy w cm urk itu aja pnkaiannya. btw itu bkn pmkaian normal namanya tp pmakaian super duper lambat ya wajarlah brthn lm smpai sgtu. sy jg pmkai galaxy w tp dngn pmkaian normal ( semua kmmpuannya saya manffaatkan sepenuhnya dan sesering mngkb) baterai brthan sktr 14 jam. apa itu wajar?

    • Wajar kok 14 jam. Saya juga kalau sering dipakai chat seharian tahan 12 jam-an.

      Kan HP nya dipakai buat browsing, google maps, game, tapi ga seharian dipakai buat itu juga. Namanya orang kerja masa liatin HP terus, bisa2 digampar bos dnk.

  4. raditya says:

    itu battery lumayan hemat untuk user yg gak suka gaming atau sering memakai network

    jujur gan ane pake galaxy w udah hampir 1tahun
    waktu hp ane blm ane oprek battrery hp ane bertahan cuma 8jam aja padahal cuma ane pke bwt browsing doank sekitar 2 jam.n
    sisanya ane aktivin jaringan seluler HSPDA

    kalau sekarang hp ane udah ane oprek habis2.n
    udah ane root,costom rom,dll
    dan ternyata hp ane cuma bertahan sekitar 6 jam bahkan kurang
    pemakaian battrey sama seperti keterangan ane sblum di oprek.
    padahal ane udah instal aplikasi penghemat daya,dll.

Leave a Reply

