Misteri Adam Air 574 (Yang Jatuh di Selat Majene) Terpecahkan


Masih ingatkah Anda dengan peristiwa jatuhnya pesawat Adam Air jurusan Surabaya – Manado di Selat Majene, Sulawesi? Setelah kecelakaan tersebut, media menujukkan bahwa pihak Adam Air dan pemerintah Indonesia tidak dapat menemukan bangkai pesawat sehingga investigasi tidak dapat dilakukan. Seiring berjalannya waktu, berita ini pun pudar dan hilang dari ingatan publik. Namun, bagi Anda yang belum tahu, kasus ini ternyata telah selesai diinvestigasi dan penyebab jelas kecelakaan sudah ditemukan pada bulan Mei 2008.

Pada tanggal 1 Januari 2007, pesawat boeing 737 milik maskapai penerbangan Adam Air ini jatuh di Selat Majene, Sulawesi. Pesawat ini sedang menjalani rute Surabaya - Manado, tetapi kehilangan arah di tengah perjalanan kemudian hilang dari pantauan radar Air Traffic Controller Makassar.

Setelah 1 bulan, akhirnya pencarian korban dihentikan dan penyebab jatuhnya pesawat menjadi simpang siur. Ada yang mengatakan pesawat jatuh karena kerusakan alat, ada yang bilang karena kesalahan pilot, bahkan ada juga yang bilang pesawat diculik makhluk gaib sebagai korban sesembahan. Namun pada bulan Mei 2008, penyebab jelas kecelakaan sudah ditemukan. Ternyata penyebab utamanya adalah kerusakan komponen pesawat disertai kurangnya pengetahuan pilot.

Pada tanggal 27 dan 28 Agustus 2007, kedua black box (Kok “kedua black box“? Ya, black box setiap pesawat memang ada 2: 1 Flight Data Recorder dan 1 Cockpit Voice Recorder) berhasil diangkat dari dasar laut. Dengan adanya black box ini, penyebab jatuhnya pesawat bisa ditemukan. Black box diteliti oleh biro keselamatan transportasi Indonesia (KNKT) dan Amerika Serikat (NTSB). Amerika ikut campur dalam kasus ini karena pesawat yang jatuh adalah pesawat buatan Amerika.

Investigasi menunjukkan bahwa komponen pesawat yang bernama IRS (Inertial Refference Systems) mengalami kerusakan. IRS berfungsi sebagai sistem navigasi pesawat, yang menghitung posisi koordinat pesawat ketika terbang. IRS bekerja bersama dengan sistem auto-pilot, sehingga pesawat dapat terbang menuju koordinat yang ditentukan tanpa kendali pilot. Namun, IRS rusak sehingga pesawat keluar dari jalur aslinya dan kehilangan arah.

Pilot baru mengetahui bahwa pesawatnya keluar dari jalur ketika diberitahu oleh petugas Air Traffic Controller Makassar. Karena itu, pilot mematikan auto-pilot dan mengendalikan pesawat secara manual. Namun, ia tidak mengetahui bahwa selama pergantian sistem auto-pilot ke manual, sistem elektronik pesawat akan mati selama 30 detik. Ketika sistem elektronik pesawat mati, semua indikator di cockpit pesawat mati. Hal ini mengejutkan pilot dan co-pilot sehingga mereka mencari tahu mengapa sistem mati.

Selama pilot dan co-pilot mencari tahu penyebab kerusakan sistem elektronik dan IRS, pesawat sudah tidak lagi dalam kondisi auto-pilot. Maka pesawat harus dikendalikan secara manual. Namun, pilot maupun co-pilot tidak memegang kendali pesawat, keduanya sibuk membuka buku manual pesawat dan mencari solusi kerusakan sistem. Hal inilah yang menyebabkan kecelakaan tidak dapat dihindari. Ketika pilot dan co-pilot sibuk sendiri, pesawat ternyata secara perlahan berguling ke kanan (miring ke kanan). Karena tidak ada krew yang memegang kendali, pesawat terus berguling ke kanan hingga pada kemiringan yang tidak aman. Akhirnya, pilot terlambat mengembalikan pesawat ke posisi semula sehingga pesawat menukik jatuh ke laut.

Walaupun penyebab jatuhnya pesawat sudah diketahui, pihak penyelidik masih ingin mengetahui mengapa komponen pesawat rusak dan mengapa pilot kurang memiliki pengetahuan terhadap pesawatnya.

Setelah diusut lebih lanjut, ternyata perangkat IRS sudah mengalami kerusakan selama 3 bulan terakhir. Perangkat tersebut tidak dibetulkan, hanya dibersihkan saja komponennya lalu dipasang kembali. Selain itu, pilot tidak memperoleh training yang cukup dari Adam Air. Hal inilah yang menyebabkan pilot kurang mengerti sistem pesawat yang dipakai.

Jadi, pesawat Adam Air 574 mengalami kecelakaan karena kerusakaan komponen dan kelalaian pilot. Namun, kita tidak dapat melemparkan kesalahan sepenuhnya pada pilot dan co-pilotnya. Mereka kurang mendapat training yang memadai sehingga tidak sepenuhnya mengerti sistem di pesawatnya. Informasi ini saya peroleh dari video rekonstruksi kecelakaan pesawat pada acara Air Crash Investigation, milik National Geographic Channel. Jika ada yang mau menonton, mungkin di youtube masih ada.

About these ads

About Junot D. Ojong

Author is a control systems engineer at a private company in Jakarta.
This entry was posted in Sekedar Cerita and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

80 Responses to Misteri Adam Air 574 (Yang Jatuh di Selat Majene) Terpecahkan

  1. inez says:

    -__-” ngeringkas video ya not?

    kynya gw jd ga perlu ntn lagi tu ==”

  2. rusdi says:

    auk ah….. atut naek pecawat……

  3. untung aja adam air bangkrut,…ini pelajaran bwt indonesia yg slalu menyepelekan hal kecil.ga memikirkan keselamatan,trlalu nafsu mencari keuntungan.

  4. Irvan.cool says:

    Nice info, v yg jdi tanya gw, napa kotak hitamx bsa ktmu sdgnkan korban ga ada yg ktmu.?

    • Karena kotak hitam itu memancarkan sinyal ketika pesawat sudah jatuh. Jadi tim investigasi bisa menemukan lokasi si kotak hitam dengan membaca sinyal itu. Sedangkan para korban pasti sudah hancur dan tersebar tubuhnya karena impact pesawat menabrak ke laut.

      • Becak masih nikmat says:

        setuju bang nonot, dan air jika dihantam dengan kecepatan + berat masa seperti kerupuk diinjak kontainer.

  5. hendro says:

    Kok bs tau pilot dan co-pilot pas ada kerusakan sibuk cari manual book? *emng ngomong pilotnya?kl gw sbgi pilotnya,gw gak perlu ikut cari buku manual nyuruh aj si co pilott,gw mending fokus pegang kendali..kynya ada yg disembunyiin deh..entahlah hanya beranggapan..

    • Mungkin memang terdengar seperti itu, pak, dari hasil rekaman cockpit voice recorder-nya. Entahlah pak, saya juga tidak paham betul mengenai dunia penerbangan. Ini hanya hasil rangkuman dari media.

  6. Latif says:

    Wew..jad 1 pun gak d temukan ych k0rbanya

  7. hasna irawati says:

    Asslm…di infokn ke publik..juga hnx akan membuka luka lama bagi keluarganx…mungkin ada baiknx..dijadikn pljrn buat maskapai lainnx utk menjga laik tdknx pesawat utk terbng dn pilot + copilot lebih dibekali pengthuan yg lebih…

  8. Broto says:

    Pilot tidak profesional, ketika IRS/INS mati prosedure baku kembali ke basic flying yaitu menggunakan compass dgn reference ke VOR/DME atau ADF.

  9. ARIF says:

    UNTUK LEBIH DETAIL SILAHKAN BUKA LINK YG SAYA TAUTKAN DIBAWAH.
    WEB SITE TSB DIBUAT OLEH PILOT PROFESIONAL DAN KHUSUS UNTUK ADAM AIR 574 DIPEROLEH DARI LAPORAN RESMI KNKT YG BAHASA NYA TLH DIPERMUDAH UNTUK DIPAHAMI OLEH ORANG AWAM.

    INTINYA KNKT MENGESAMPINGKAN FAKTOR CUACA SBG PENYEBAB PRIMER MAUPUN SEKUNDER, TAPI KESALAHAN TERJADI KRN 2 FAKTOR UTAMA:

    RUSAKNYA INSTRUMEN ARAH/IRS (ada 2-3 IRS di tiap pesawat DAN DI PESAWAT ADAM AIR 574 ADA 2) IRS MBLESET LBH DARI 100 KM ADALAH KRN:
    1. KESALAHAN MASKAPAI DLM PERAWATAN PERALATAN (SDH MULAI OKTOBER 2006 DITEMUKAN MASALAH PADA IRS SEBANYAK 51 KALI, BLM LAGI MASALAH SISTEM YG LAIN)
    2. TRAINING CREW YG KURANG DAN SPTNYA CUMA DI ATAS KERTAS
    3. KESALAHAN CREW DLM MENIT2X TRAKHIR (AKIBAT KRG TRAINING CRM/SIMULATOR DLL DAN SPATIAL ILLUSION)
    4. KURANGNYA KEJELIAN DAN KETEGASAN PETUGAS KESELAMATAN PENERBENGAN DISHUB.

    SILAHKAN BACA LINK DI BAWAH YG DITULIS OLEH SEORANG PILOT DR HSL RESMI KNKT
    ilmuterbang.com/artikel-mainmenu-29/keselamatan-penerbangan-mainmenu-48/104-adam-air

    DI DLMNYA JUGA DISBUTKAN MODUS2X NAKAL MASKAPAI MEMANFAATKAN CELAH HUKUM U MENUNDA-NUNDA PERGANTIAN SPARE PART

  10. buatlah ini sebagai pelajaran n tanggung jwb dlm melaksanankan pekerjaan krn kecerobohan itu merugikan org lain….

  11. Gaijin says:

    Namanya jg adam air, kalo sesekali landing nya di air kgag usah kaget,

  12. rifki pratama says:

    coba aku yang naik pesawat itu mati aku

  13. Abrakedabra says:

    Walaupun ini artikel sudah lama. Tapi memang betul yg disampaikan, bahwa pesawat akan mereset tampilan Navigation Display (ND) menjadi present condition, jika tidak diinput secara manual IRSnya, maka tampilan ND akan tanpa vector arah. Berlangsung beberapa detik, sama halnya ketika akan mengaktifkan IRS saat preflight configuration ada delay. Saat kondisi ini autopilot disconnect dan perlu diaktifkan ulang. Alurnya setelah IRS align. Configurasi berlanjut ke sistem komputer pesawat yang disebut FMS (flight managemen system) melalu UI yang disebut CDU (control display unit), setelah vector di dapat sesuai rute FPL, autopilot bisa dijalankan. Jika tidak autopilot hanya bisa bisa menentukan arah secara mata angin, kecepatan, ketinggian, dan kecepatan verticalnya saja. Sangat disayangkan jika terjadi kegagalan pd sistem IRS kewajiban pilot adalah meresetnya ulang atau dengan mengimput koordinat secara manual. Dan yang paling penting adalah “fly the airplane”, kendali di tangan, pesawat punya banyak backup jika salah satu sistem navigasi gagal, salah satunya analog attitude flight yg bekerja analog jadi selama vacum masih ada seharusnya pilot aware dalam menerbangka pesawat. Innaillahi

  14. ji ratnasari says:

    yah,,, kasian sekali para korbannya

  15. mahyarudin says:

    yang jadi pertanyaan saya mengapa pilot tidak menggunakan korsi pelontar. setidaknya pilot masih hidup, dan bisa di tanya mengapa pesawat tsb jatuh. saya juga sering naik pesawat jadi takut juga nih naik pesawat.

  16. adrian laksmana says:

    Seharusnya pelatihan penerbangan harus di tingkatkan kembali agar tidak seperi adam air

  17. Bing UQ 2R13 Jaksel says:

    Teknologi terus berkembang yang aman stuktur Pesawat Piring Terbang kapan ya bisa terwujud di BUMI ……….

  18. Komunitas "T@T@ P@STI B!S@" says:

    Saatnya menciptakan Lorong bawah laut untuk Jalur Maglev 2 jalur antara Borneo & Celebes 120 Km ………Investasi 1000Trilyun …….{Investasi Asing & APBN} sehingga cuaca laut & udara extrem mobilitas Masyarakat bisa tetap aktivitas di Lintas Maglev BC {www.fb.com/UQSatu Dunia}

    • oka says:

      Indonesia termasuk daerah rawan gempa, lorong bawah laut terlalu beresiko kalau seandainya bisa dibangun…

  19. candra says:

    wah serem juga ya kalo gitu.. Hmmmmm
    mudah2an korbanya diterima disisi-NYA. amin

  20. falen says:

    kenapa pada saat pesawat akn jatuh, para penumpang tidak di himbau unt pakai parasut d keluar dari pintu darurat..,kenapa mereka smua hrs pasrah ,,aneh..seharusnxa pintu darurat sgera di buka, paling gk ada 1 atau 2 yg selamat.kl cpat pakai parasut..

  21. Kalo gw Lebih baik naik Armada Air Asia…. Karena Armada ini Sangat memperhatikan kenyamanan dan ke Amanan……. waktu pertengahan januari 2013 gw dan keluarga gw pengen pergi ke Semarang.. Tapi setelah di beri tahu Petugas bahwa pesawat yg kami akan tumpangi Sedang Maintance…… untuk pemeriksaan keamanan…. Lalu kami di beri tahu untuk Menabung uang nya di Air Asia… dan bisa di pakai kemana saja kapan saja dan di Mana saja…. juga bisa di pakai Oleh Anggota keluarga yg lain :-D……… Nah, kalo Adam Air? hanya Memperhatikan Segi Kecepatan…….. jadi IRC nya tak di perbaiki…. :D. Jadi kalau anda Naik armada Adam Air dan Jatuh di laut jangan Ragu…. Nama nya juga Adam “Air” jadi Boleh lah berenang :D

  22. Sebener nya ada pesawat yg di beri parasut… Contoh: Sukhoi Super Jet 100 yg jatuh di Gunung Salak Bogor jawa barat.. Pesawat ini Membawa Tool kit berupa Parasut yg di Simpan di dalam Box setiap kursi Penumpang….. Pilot: Alexander Menggunakan Parasut di Punggung nya…. Namun Sayang… Pesawat Naas trsb Jatuh di gunung Salak ke-2 yg bernama “Halimun” Untuk lebih jelas, Silahkan lihat Web nya Sendiri :D….(p).. KNKT Menyebutkan kecelakaan di sebab kan Oleh cuaca Gunung halimun yg sedang X-Treme dan pilot yg kurang Mengerti Medan di depan nya…… :-D…….. :/D………… Silahkan Sob..

    • Rizqo says:

      Hmmm..kl saya sbg org awam..sepertinya nga masuk akal kl penerbangan komersial diberikan parasut, krn setau saya pesawat tsb tdk didesain utk membuka pintu darurat selama mengudara krn akan mengubah tekanan udara didlm kabin yg akibatnya cukup fatal bagi penumpang, dan semakin besarnya celah udara yg terbuka akan membuat kondisi pesawat kehilangan kestabilan. Dari banyknya maskapai penerbangan baik lokal maupun luar, seperti: SQ, Emirates, British Airways, Eva Air, dsb, yg sdh pernah saya coba, blom pernah ada satu pun yg menyediakan parasut, Itu jg termasuk pesawat baru Airbus A380 milik Emirates yg merupakan pesawat yg cukup besar yg memiliki double deck yg blom pernah parkir di bandara kita. Ya kira2 bgitulah logika saya sbg org bodoh,hehe..

      • Joe says:

        Benar bang,
        Dan juga menurut saya persentase keberhasilan penggunaan parasut pada jet komersil sangat sangat kecil. Knapa? Salah satunya yang den Rizko sebut. Musibah kalau pintu (baik pintu utama maupun darurat) jika dibuka saat kecepatan dan ketinggian yang tinggi. Saat pintu dibuka, bisa-bisa penumpang kesedot kluar. Kalau tahap ini berhasil, mau meloncat dari pintu mana? Satu satunya pintu yang aman hanya pintu blakang (karna melompat dari pintu depan beresiko kesedop kedalam mesin jet, pintu darurat posisinya pas di atas sayap [kalaupun sebagian ada yang tidak]).
        Pertimbangan yang paling penting; Yang namanya ‘parachuting’ yang aman diperlukan syarat batasan ketinggian dan kecepatan maksimum (silakan searching om google). Diatas syarat yang ditentukan, akan membahayakan nyawa penerjun. Nah, masalahnya yang namanya pesawat hilang kontrol kan ga bisa memenuhi syarat tersebut. kalau masih bisa di kontrol untuk proses “pelompatan”, berarti bisa dong di kontrol lagi buat landing darurat. Kalau bisa dikontrol buat landing darurat, buat apa parasut?

  23. Pesawat Adam Air di duga jatuh di Segitiga Bermuda….. di dekat Selat Majane…… Memang wilayah ini menyimpan 1001 Misteri… Mulai dari hilang nya Kapal kolonial Belanda… Pesawat yg akan Ikut perang Dunia II.. Sampai Hilang nya pesawat Air Bus…. jadi bukan hanya Adam Air yg hilang… tapi pesawat negara lain juga HILANG di Selat Majane….. :roll: Tapi dari sekian banyak kecelakaan pesawat yg paling parah ada 2: 1.Kecelakaan Adam Air….. 2.Kecelakaan Sukhoi Super Jet 100 {SSJ100}: pesawat Nahas ini menabrak tebing Terjal gunung Salak…… Sungguh kasihan para keluarga korban yg di tinggal kan……………….. Tapi Semoga tahun kedepan bisa lebih baik :D……..

  24. Tapi gw yakin 100% kalo Misteri SSJ100 itu akibat kesalahan fatal pilot yg menurunkan ketinggian dari 10.000 kaki menjadi 6.000 kaki.. Padahal tinggi Gunung salak Sendiri +-7.000 kaki…… Sedang kan Semua Alat di Pesawat Berfungsi baik….. Dan dengan pilot berpengalaman Alexander Yablontsev….. tapi kenapa bisa di runtuhkan dengan mudah oleh gunung???? Ternyata Gunung Salak menyimpan Segudang Cerita Mistis.. jadi gunung salak sering di sebut warga Sebagai “Sang Kuburan Pesawat” (Y)…… mengapa demikian? karena hampir melebihi 4 kecelakaan pesawat di gunung trsb.. Untuk lebih jelas Silah kan Browser Sendiri di Embah Google… karena saya Sedikit lupa nama pesawat yg Nahas…. :D

    • Joe says:

      Puncak gunung salak slalu ketutup kabut, itu karena hal mistis ya bang?
      Banyak kecelakaan yang disebabkan oleh jarak pandang yang terganggu, meskipun kondisi pesawat “fit”. Contoh kecelakaan besar lainnya garuda di dekat polonia medan, sampe tabrakan KLM-PAN AM yang terkenal tu. Biang keladinya adalah KABUT

    • rana says:

      Kalo menurut saya memang human error karena pilotnya gak tahu medan bahwa di indonesia ada salak segede gunung…heheheee. Peace.tapi balik lagi ke takdir. Bahwa itu semua musibah dan sudah manjadi takdir yang sudah digariskan.

  25. Berita teraktual 2013! Berita ini Memperpanjang Daftar kecelakaan pesawat indonesia.: Bali-Pesawat jenis Boing 737-800 NG milik Maskapai Lion Air jatuh di Laut dangkal Sekitar 10 Meter dari bandara Ngurah Rai Bali…… pesawat trsb keluaran terbaru 2012 dan baru Beroperasi 2 Minggu di Maskapai trsb Pesawat di duga mengalami “Undershoot” atau Mendarat terlalu Cepat… Sehingga Moncong pesawat tidak menyentuh landasan melainkan nyublek ke LAUT!!! KNKT berusaha mencari CVR yg sampai sekarang belum bisa di dapat, sebab pesawat terbelah 2 bagian dan Bagian Ekor Menungging kedalam…. KNKT Berhasil mengangkat FDR ke daratan….! pesawat trsb jatuh tanggal 13-04-2013 untuk jam saya kurang tahu… karena penasaran saya terbang ke bali menggunakan Maskapai Air Asia…. dan begitu ingin Landing,para penumpang Sibuk melihat keluar jendela guna melihat bangkai Lion Air…. Alhamdulilah saat di beri tahu seorang bule berkebangsaan Australia, bahwa 101 penumpang Selamat! :D….. Makanya gw buru2 mampir ke blog ini……

  26. Pesawat Sukhoi Super Jet 100 Membawa Survival Kit berupa parasut yg Terletak di Kontainer….. bersama Survival kit yg lain…. Shingga saat pesawat Meledak, parasut berhamburan dan terbakar… Namun 1 parasut berwarna merah Orange Tersangkut di Pohon besar….. yg berhasil di temukan tim sar gabungan.. dan di benarkan ada nya parasut trsb oleh pihak Rusia :D Rusia Menduga bahwa SSJ 1000 Di sabotase pihak Amerika Serikat {AS} untuk memenangkan Pasar internasional… AS akan Menghalalkan segala cara untuk Mendapat kan Uang……….. Investigasi ters di lakukan…… Namum Sekarang Komisi Nasional Keselamatan Transportasi {KNKT} menyatakan kecelakaan ini di sebabkan oleh Human Error… Alexander me Nonaktif kan Semua Peringatan “warning” 39 detik sebelum kejadian Sempat terdengar “Pull Up 3X…..” Dan “Please Down Gear! 3X” biasa nya kalimat ini berbunyi ketika ketinggian pesawat kurang dari 800 kaki…. dan pesawat bersiap Landing… Tapi ternyata…. BOOOM! kejadian ini di namakan “39 detik yg terabaikan” :D

    • Joe says:

      AS yang Anda maksud Boeing atau apa bang?
      Ngapain AS cape-cape sabotase SSJ100 kalo kehadiran pesawat tersebut hampir tidak berpengaruh terhadap penjualan Boeing? Beda kelas. Boeing skarang kan mainnya di pasaran jet berbadan lebar. Sukoi aja masih lebih kecil dari B727-200 yang sudah lama tidak di produksi, bahkan dah hampir pensiun. Lucu dong kalo pedagang “sayur” bersaing tidak sehat dengan pedagang “daging” untuk menguasai pasar. Kalo Anda menyebut Bombardier yang melakukan sabotase, mungkin masih pantas untuk dipertimbangkan.

  27. tony says:

    Sebagai tambahan info memang untuk parasut di pesawat komersil tidak disediakan , yang di sediakan hanya pelampung dan untuk pendaratan darurat di perairan. Tambahan juga A380 pernah mendarat darurat di CGK beritanya disini http://megapolitan.kompas.com/read/2012/05/05/01522717/Penumpang.SQ.A380.yang.Mendarat.di.Soetta.Meninggal.Dunia

  28. evit says:

    kalau aku jadi penumpang di dalam pesawat, tau pesawat lagi nukik ke laut, buru2 buka pintu darurat dan terjun bebas.. setidaknya masih bisa berenang mencari pertolongan . mending begitu daripada nyungsep ke dasar laut bareng ama pesawat busuk huhhh

    • desta says:

      masalahnya yang terjadi badan pesawat meledak terlebih dahulu saat menukik ke bawah

    • Joe says:

      Saat baru nyampe di permukaan air, tubuh Anda udah jadi tape. Orang mau buat rekor melompat dari pesawat ke dalam air dari ketinggian 100m dpl aja ga bisa. pesawat itu bukan seperti helikopter yang berhenti di udara nunggu penumpangnya melompat ke dalam air. Kalau di pesawat, kecepatan sesaat pas baru terjun aja dah brapa knot?

  29. Ed says:

    Ngegoogling berita tentang malaysia air, eh ketemu ini,
    Ngakak baca2 komen diatas, better cari tahu dulu atau googling deh sebelum berkomentar biar tak terkesan konyol hahaha

  30. @JOE >
    KENAPA HELIKOPTER BISA BERHENTI DI UDARA BANG? SEDANGKAN PESAWAT JET TIDAK BISA ?? HAYOWWWWWW..

  31. niaesaja@yahoo.co.id says:

    namanya buatan manusia secanggih2 nya pesawat di buat APES akan menyertai dan mengintai yg menaikinya?hanya satu kendaraan yg paling aman mau bukti dan menaiki nya tidak mahal gratis langsung sampai ke tujuan yg paling jauh KERANDA MAYAT silakan coba

  32. Ripan says:

    wkwkwk lagi googling tentang malaysia air eh nemu nih blog, pas baca komenannya jadi ketawa sendiri :D
    Ada yg bilang kursi pelontar, parasut, lompat dari pesawat :D
    Ini pesawat komersil broo bukan pesawat tempur atau hellikopter

  33. niken says:

    tengah malem cekikikan sendiri baca komen2nya, sampe harus nahan2 krn takut kebrisikan

  34. Howdy I am so excited I found your blog,
    I really found you by accident, while I was researching on Bing for something else, Anyhow I am here now and would just like to say thank you for a marvelous post and a all round enjoyable blog (I also love the theme/design), I don’t have
    time to go through it all at the minute but
    I have bookmarked it and also added in your RSS feeds, so
    when I have time I will be back to read a lot
    more, Please do keep up the fantastic work.

  35. deny says:

    tautan videonya tak bisa di akses…

    • Maaf, link nya hanya langsung ke youtube.com. Video nya harus cari sendiri, mungkin bisa dengan keyword “air crash investigation”, “plane that disappeared”, “adam air”

      • mr.day says:

        Sebelum terbentuknya perusahaan adam air keluarga besar sandra ang memiliki pt.turbo motor indonesia yg bergerak di motor baru yaitu turbo. Pt. Turbo motor indonesia sengaja di bekukan oleh keluarga mereka sendiri, karyawan nya di tarik oleh adam air termasuk mekanik motor nya, wow bgt mekanik motor di pekerjakan untuk perbaiki pesawat, luar biasa kan hasil nya kl mekanik motor biasa mengakali motor yg rusak supaya bisa jalan lg, nah ini pake mekanik motor buat perbaiki pesawat ya ujung2nya untuk menekan biaya ya di akali. Aq eks kary pt.turbo dan adam air

  36. Brooke says:

    It’s really a cool and useful piece of information. I am glad
    that you just shared this helpful info with us. Please stay
    us up to date like this. Thanks for sharing.

  37. Kayla says:

    What’s up everybody, here every person is sharing such know-how,
    therefore it’s fastidious to read this website, and I used to pay a quick visit this website daily.

  38. Claudette says:

    Currently it appears like Movable Type is the preferred blogging platform out there right now.
    (from what I’ve read) Is that what you’re using on your
    blog?

  39. fajar says:

    jadi merinding juga kalo naik pesawat,,,oya kira2 knp pesawat g di desain kabin penumpangnya di buat dari material tahan api dan ledakan yang jg lentur dgn dilemgkapi pintu darurat????

    • Karena probabilitas kecelakaan pesawat komersil sebenarnya sangat kecil (jauh lebih kecil daripada kecelakaan lalu lintas). Jadi sangat tidak ekonomis membuat pesawat yang tahan ledakan atau api.

      Kalau pintu darurat memang sudah ada, “2 di depan, 2 di tengah, dan 2 di belakang”, seperti kata mbak2 pramugari.

  40. Abdul Qodir says:

    Kalo MH370 kecelakaan berarti blackbox-nya pasti bisa dilokalisir?

  41. Sabirin says:

    Kalo MH370 Meledak di udara

  42. wawangdo says:

    eh baca . ngerti bahasa indonesia .kok jawab pake bahasa inggris

  43. candra says:

    anda yakin pesawat Malaysia Airlines meledak di udara?

  44. jameel says:

    Oomeigot, komennya bikin ngakak, pake bilang “buka pintu darurat ketika di udara”, lo pikir naik metromini kali, wkwkwk

  45. Indra says:

    Harusnya di setiap kursi penumpang di sediakan kostum iron man

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s