Sierra Wireless Compass 885 USB Modem


Seperti yang telah saya ceritakan di postingan yang lalu, saya sekarang menggunakan internet broadband 3G untuk berinternet-internet ria. Untuk menggunakan layanan internet ini, saya harus memiliki modem 3G yang biasanya dikoneksikan melalui port usb di komputer. Modem ini ada bermacam-macam jenis dan merk. Ada modem yang dapat dibeli langsung pada provider internet itu sendiri ada juga modem yang dijual di toko elektronik. Modem yang dijual oleh provider biasanya sudah di-lock sehingga hanya bisa menggunakan kartu USIM provider itu sendiri, sehingga kita tidak bisa ganti provider. Sedangkan modem yang dijual di toko elektronik tidak di-lock sehingga kita bisa bebas gonta-ganti provider.

sierra wirelessModem USB Sierra Wireless Compass 885 adalah salah satu merk modem 3G yang banyak digunakan saat ini. Modem inilah yang saya gunakan untuk internet-an pakai 3G (walaupun biasanya hanya dapat sinyal 2G karena posisi geografis kos saya yang kurang strategis). Kata mbak-mbak di tokonya sih, merk ini yang biasa dipakai orang. Ada juga merk lain seperti Hua Wei dan Vodafone. Yang Hua Wei, saya lupa seri berapa, kecepatannya masih up to 3,6  Mbps. Yang Sierra Wireless dan Vodafone sudah up to 7,2 Mbps. Saya pilih ini karena siapa tahu nanti saya bisa menemukan provider yang menyediakan kecepatan up to 7,2 Mbps (saat ini provider saya hanya up to 256 kbps).

Selama menggunakan modem ini, banyak suka duka yang saya rasakan. Senang sih bisa internet-an lagi sekarang di kosan, tetapi kadang kesel juga modemnya suka “angot”. Setelah saya gunakan dan amati selama sebulan, saya menemukan beberapa kelemahan dan trik-trik dalam menggunakan modem ini.

Penyakit pertama dari modem ini adalah seringkali modem ini tidak terdeteksi oleh softwarenya (Sierra Watcher). Modem ini disertai dengan installer softwarenya sehingga kita bisa connect ke internet melaluinya. Kalau lagi “angot”, softwarenya suka ga bisa detect modemnya. Awalnya berstatus “Initializing” selama beberapa menit, kemudian muncul tulisan “No Device Detected”. Kalau sudah begini, coba cabut modemnya (tidak perlu di safe remove), trus pasang lagi. Kalau masih tidak bisa, coba install ulang drivernya. Kalau sudah diinstall ulang, akan muncul balloon di system tray (pojok kanan bawah, tempat biasa muncul “It is safe to remove hardware now” kalau kamu safe remove flashdisk) yang tulisannya “Found new hardware”, “Found Sierra Wireless”, “Found Serial Port”, dan banyak lagi. Kamu tunggu sampai notification itu sudah habis, lalu coba lihat status di Sierra Watchernya. Seharusnya modemnya sudah terdeteksi, bisa dilihat dari tombol “connect” yang berwarna hijau dan siap untuk diklik.

Kalau setelah diinstall ulang drivernya masih saja tidak terdeteksi modemnya, coba restart ulang komputer kamu dengan modem masih terpasang. Setelah masuk windows, seharusnya modem sudah terdeteksi dan software Sierra Watcher langsung muncul di layar. Kalau masih tidak terdeteksi juga, coba diulang-ulang cara install ulang driver sama restart komputernya. Kalau masih sulit juga untuk mendetek modem, coba kamu pindahkan modem ke port usb yang lain. Dahulu saya coba ganti-ganti port usb, dan ternyata ada port-port yang sulit mendeteksi. Sepertinya si modem ini suka pilih-pilih pasangan juga. Setelah kamu menemukan “jodoh” si modem, sebaiknya kamu selalu memakai port usb itu untuk memasang si modem supaya dia selalu bisa terdeteksi.

Saya sudah menemukan trik pencegahan penyakit pertama ini. Supaya modem dapat dideteksi sepanjang waktu, sebisa mungkin modem jangan dicabut dari komputer. Biarkan saja terhubung terus ke usb. Ataupun ingin mencabut, cabutlah setelah komputer mati atau ketika komputer menyala dicabut hanya sebentar kemudian dipasang lagi. Hal ini dilakukan karena jika dicabut ketika komputer menyala, ada komponen-komponen yang otomatis teruninstall dan ketika dipasang kembali modemnya, komponen itu tidak terinstall. Jadi deh, modemnya ga bisa dipakai dan harus diinstall ulang drivernya. Modem ini bisa dicabut sebentar ketika komputer menyala karena komponen-komponen tersebut butuh waktu untuk uninstall. Kalau kamu coba nyalakan komputer kamu tanpa modemnya, kamu akan mendengar suara seperti flashdisk yang dicabut (“TingNung!”) berkali-kali. Ini tandanya ada komponen modem yang diuninstall. Kalau sudah begitu, kemungkinan modem akan sulit dideteksi.

Lalu penyakit yang berikut adalah selalu hang jika dipasang pada komputer tertentu dan kalau sudah kronis, komputer langsung restart ketika modemnya dicabut. Saya hanya bisa menggunakan modem ini untuk laptop saya (Acer Aspire 2920). Saya pernah mencoba memasangnya di komputer desktop saya. Komputer saya ini termasuk komputer keluaran lama, walaupun cukup lumayan spec-nya: Pentium IV 2,4 GHz dengan 512 MB RAM. Tapi setiap kali saya memasang modem ini, komputer saya selalu jadi hang. Awalnya saya pikir ini akibat virus secara komputer ini sudah lama digunakan dan sudah colok flashdisk sana-sini. Akhirnya saya format ulang komputer ini. Sayang sekali, tetap saja tidak bisa dipasang modem ini. Modem ini tetap membuat komputer jadi hang. Kesimpulannya sih sejauh ini mungkin modem ini tidak compatible dengan komputer lama (komputer desktop saya sudah berumur lebih dari 4 tahun).

Modem-modem seperti ini bisa mencari sinyal 2G selain sinyal 3G. Jika sinyal 3G yang ditangkapnya kurang baik, modem akan mencari sinyal 2G dan biasanya sinyal 2G lebih available daripada 3G. Modem ini akan mengganti sinyal secara otomatis. Jika awalnya sedang memakai 3G, lalu sinyal itu melemah, modem akan switch langsung ke 2G. Biasanya switching ini tidak mempengaruhi jalannya internet, hanya melambat jika pindah ke 2G. Namun, ada kalanya pergantian ini membuat koneksi terputus. Kalau mau koneksinya tidak putus-putus, modem ini bisa diatur agar hanya mencari sinyal 2G saja sehingga sinyal 3G akan diabaikan. Memang sih jadinya lebih lambat koneksinya, tetapi jadi jarang putus-putus. Biar lambat asal selamat.

Yang terakhir adalah yang saya curigai sebagai konspirasi dari provider internet itu. Setiap kali saya memakai modem ini untuk internetan cukup lama, sampai berjam-jam, pasti ada saatnya ketika koneksinya putus lalu tidak bisa koneksi lagi. Entah mengapa modemnya tidak bisa dideteksi. Saya coba install ulang drivernya, restart komputer, tetap saja tidak bisa. Kadang-kadang bisa, tetapi ketika connect, tidak ada data yang diupload atau download. Packet datanya semua 0, tidak ada transfer data. Akhirnya saya menyerah dan saya tinggal tidur. Keesokan harinya, simsalabim, internet bisa terhubung lagi, tidak ada masalah apapun. Benar-benar misterius. Jadi saya pikir ini adalah suatu konspirasi provider internet itu. Provider sengaja memutuskan koneksi internet saya karena saya sudah terlalu lama menggunakan layanan internet bagi mereka. Supaya traffic-nya tidak terlalu penuh, koneksi saya diputus walaupun jasa yang saya gunakan sebenarnya adalah jasa internet unlimited tanpa quota. Mereka memutus internetnya dengan mempengaruhi modemnya sehingga sulit koneksi atau sulit dideteksi (bisa ga ya begitu?).

Itulah tadi kisah saya dan trik-trik menggunakan modem usb Sierra Wireless Compass 885. Modem ini cukup banyak digunakan saat ini untuk internet-an 3G, harganya standard 600 ribuan, biasanya ada garansi 3 bulan. Memang ada sedikit masalah dalam menggunakannya, tetapi dengan trik-trik yang tepat bisa diatasi. Saya sempat berpikiran untuk ganti modem, tetapi tidak jadi setelah melihat teman saya menggunakan Hua Wei dengan masalah yang mirip dengan modem ini. Sepertinya semua modem 3G rata-rata memiliki masalah yang sama. Jika ada info-info tentang modem 3G yang lain, tolong di-share ya. Mungkin yang pernah menggunakan Vodafone bisa menceritakan pengalamannya?

About Junot D. Ojong

Author is a control systems engineer at a private company in Jakarta.
This entry was posted in tips and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

23 Responses to Sierra Wireless Compass 885 USB Modem

  1. inez says:

    kayaknya hampir semua modem sejenis mengalami masalah serupa deh. pinter-pinternya kita ngakalin dan sabar-sabarnya kita aja.. hehe

  2. syuga says:

    mohon di bantu bagimana cara instal siera 885 pada laptop acer aspire os win vista home basic karena setiap kali instal modem ini laptopku langsung hang, sampe sampe sekarang modem ngak aku gunain, karna masalah itu tadi. trimakasih.

    • wah, maaf sekali. Saya tidak pernah mencoba modem ini di Vista.

      Di manualnya sih tertulis bisa diinstall di Vista. Namun, ya mungkin sama seperti kasus tidak bisa diinstall di desktop saya, selalu hang.

      Saya sarankan coba modem jenis lain yang versi lama seperti Hua Wei. Hua Wei seri yang lama setahu saya sudah dites kompatibel untuk segala jenis komputer dan OS.

  3. danur says:

    Huwei E160 (logo virgin mode), bisa tidak wireless??? cra aturnya gmna?

  4. dhimas says:

    saya sih udah pakek 9 jenis modem diantara sekian banyak yang paling ok dan tidak pernah ngandat cuman vodafone(huawei) E220

    jika cdma venus vt 12 yang lain kebanyakan promosi sehingga jadi jelek kerjanya maklum barang tenar

  5. Kresna says:

    Hmmm…like this…
    mau nanya dunk…kalo di modem saya ada status “Wireless Device is Locked” itu kenapa yah???
    Sabtu masih bisa dipake, tiba2 minggu uda ga bisa sampe sekarang (5 hari gt)…Thx atas bantuannya

    • Apakah modem ini dibeli terpisah atau sepaket dengan kartu usim internetnya?

      Kalau kasus terkunci biasanya karena modem yg khusus buat provider tertentu dimasukkan kartu provider lain. Kalau begini, harus cari tahu kode untuk unlock-nya.

      Bisa dilihat di sini referensinya

      Kalau bukan modem dari provider tertentu, coba hubungi tempat anda membeli modem tersebut. Seharusnya bisa dipakai dengan kartu apapun.

  6. kiswanto says:

    hi,, kayaknya kita punya pengalaman yang sama. saya udah pake modem ini selama 2 bulan, tetapi seminggu terakhir ini modem gak bisa detect sinyal, terus ada note “no wireless device detected” di aplikasi at&t nya. saya pake laptop hp compaq c510 dan windows xp, installer modem sierra yang saya miliki digabung dalam satu modem, jadi tidak terpisah dalam cd. mohon bantuannya ya. bisa dibalas lewat email saya di wirjadikarta.kiswanto@gmail.com
    thanks before,,

  7. Rial says:

    mau tanya,,
    modem sierra compass 885 bisa pake antena external ga?? kalo bisa,, antena tipe apa yg cocok?
    thanks…….

  8. afwan Purwanto says:

    Modem saya yang 885 ini koq tidak bisa mendapatkan sinyal ya,,,modenya searching terus padahal kartunya terdeteksi dengan cara meminta nomor pin. Ada yang tau pemecahan masalah modem sy gak?
    Network settingan sudah saya ubah ke berbagai mode, waktu ganti kartu beda provider juga hasilnya tidak terdeteksi,,,help me please!!

    • Kalau tidak mendapatkan sinyal, antara lokasi Anda tidak terjangkau sinyal GSM, atau memang ada masalah di hardware modem.

      Coba saja modemnya di tempat lain, yang sinyal GSM pasti ada. Kalau tidak dapat sinyal, berarti modemnya yang bermasalah. Hubungi dealer/toko Anda membeli modem tersebut, semoga masih ada garansinya. Good luck.

  9. Afwan Purwanto says:

    Sepertinya modemnya yang bermasalah, karena sudah ganti provider masih tetap saja tidak mampu menangkap sinyal. Ada yang tahu alamat servis sierra untuk kota Makassar

    • Wah, saya sih tidak pernah mendengar service center sierra ya. Mungkin mereka tidak membuka service center di indonesia, toko resminya pun tidak ada.

      Yang paling bisa dilakukan adalah mengembalikan modem tersebut ke toko Anda membelinya. Semoga garansinya masih ada sehingga bisa ditukar dengan modem yang baru.

  10. Pingback: Pengalaman dengan Modem Sierra Wireless Compass 885 - P E R S P E K T I F – T

  11. zalfa says:

    modem sierra saya tetap dl keadaan software mode, padahal sdh berulangkali saya pindah ke modem mode, sudah direinstal tapi tetap saja software mode. kenapa ya??

  12. Pingback: 2010 in review | Akirajunto's Blog

  13. FZzzzzz says:

    tlong dbantu,stlah pc sya psang modem itu,lgsung ngehang,dan stlah sya psang modem huawei e220 lgsung hang juga,tdk bsa dapa2in cuma bisa saya matikan lewat tombol powernya,klau ada yg tau pmecahannya tlong e-mailin sya fauzi_greenday@yahoo.co.id ,saya pake acer 4738z windows 7 ultimate??????????

  14. cucu anduang says:

    Saya juga mengalami masalah yang ini mas😀
    “Setiap kali saya memakai modem ini untuk internetan cukup lama, sampai berjam-jam, pasti ada saatnya ketika koneksinya putus lalu tidak bisa koneksi lagi. Entah mengapa modemnya tidak bisa dideteksi. “

    • Kalau sudah berjam-jam, biasanya modemnya panas. Kalau begitu harus dimatikan sebentar, mas. Biarkan dingin lagi. Kalau sudah panas begitu, komponen elektroniknya sulit bekerja, bahkan bisa rusak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s